Riset Keperawatan

Nie bagi-bagi rezeki dulu… mumpung ada yang gratis contoh-contoh riset keperawatan… silahkan di download bagi yang berminat… hehe ^_^

NIE CONTOH RISETNYA
Untuk lebih lengkapnya silahkan download yg sudah saya sediakan ….

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Kita menyadari bahwa dalam menghadapi masalah kesehatan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perkembangan pada masa yang akan datang, maka tenaga kesehatan khususnya perawat dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang profesional dan seoptimal mungkin untuk mencapai Visi Indonesia sehat tahun 2010.

Kesehatan tidak  pernah konstan, tetapi bergerak maju dan mundur dalam kontinuitas tertentu dimana jarak ini menentukan apakah seseorang dikatakan sehat/sakit ( Nasrul Effendi 1998). Tapi bila seseorang sakit, maka penekanan pada pencegahan tetap diperlukan untuk mencegah komplikasi-komplikasi yang tidak jarang terjadi.

Dalam penelitian ini, penulis akan melakukan penelitian tentang pengetahuan masyarakat terhadap faktor-faktor pencetus kambuhnya penyakit gastritis di kelurahan Sempaja wilayah kerja puskesmas Sempaja.

Kita ketahui bahwa penyakit gastritis merupakan suatu penyakit akibat proses inflamasi pada lapisan mukosa dan sub-mukosa lambung yang biasanya dapat disebabkan oleh banyak faktor diantaranya yaitu obat analgetik, anti inflamasi, bahan kimia, merokok, alkohol, stress fisik, refluks usus lambung, endotoksin serta makanan yang pedas dan asam ( Waspadji, 1991 ).

Adapun kasus dengan gastritis merupakan salah satu dari jenis kasus yang menempati urutan kedua (2005 kasus) dari sepuluh besar penyakit atau jenis kasus yang terdapat di puskesmas Sempaja selama tahun 2002. dimana secara berturut- turut dapat diperlihatkan dari peringkat pertama kasus saluran pernapasan lainnya (6270 kasus), gastritis (2005), paringitis (1973), myalgia (1767), dermatitis alergic (1220), tekanan darah tinggi (1111), non generatif (1023), pulpa dan jaringan periapikal (815), gusi dan jaringan periodental (787), dermatitis infectif (765), (mini lokakarya dan rencana kerja tahunan puskesmas Sempaja, 2002).

Mengingat besarnya bahaya gastritis, maka perlu adanya suatu pencegahan atau penanganan yang serius terhadap bahaya komplikasi gastritis. Upaya untuk meminimalkan bahaya tersebut dapat dilakukan melalui peningkatan kesadaran masyarakat tentang hal- hal yang dapat menyebabkan penyakit gastritis, salah satunya pengetahuan masyararat tentang faktor-faktor pencetus kambuhnya penyakit gastritis di wilayah kerja puskesmas Sempaja.

Dari uraian tersebut di atas dan untuk memenuhi tuntunan mata ajar riset keperawatan. Penulis berkeinginan untuk melakukan penelitian yang berjudul “ Studi tentang Pengetahuan Masyarakat terhadap Faktor-faktor Pencetus Kambuhnya Penyakit Gastritis di Kelurahan Sempaja Wilayah Kerja Puskesmas Sempaja “

1.2  Rumusan Masalah   

Melihat tingginya angka kesakitan penyakit gastritis di kelurahan sempaja, dimana sesuai data yang kami peroleh, bahwa angka kunjungan masyarakat Sempaja yang berobat di puskesmas Sempaja, penyakit gastritis untuk wilayah Sempaja berada diurutan ke 2 (dua) yaitu 2005 kasus.

Sehingga penulis berkeinginan untuk melakukan penelitian deskriptif tentang pengetahuan masyarakat terhadap faktor – faktor yang menyebabkan kambuhnya penyakit gastritis di kelurahan Sempaja, wilayah kerja Puskesmas Sempaja, dengan rumusan masalah “ Seberapa besar tingkat pengetahuan masyarakat mengenai faktor – faktor yang menyebabkan kambuhnya penyakit gastritis.

1.3  Tujuan Penelitian

1.3.1     Tujuan penelitian

untuk mengetahui sejauhmana pengetahuan  masyarakat terhadap faktor-faktor pencetus terjadinya penyakit gastritis di kelurahan Sempaja.

1.3.2     Tujuan Khusus

1.3.2.1     Mengidentifikasi pengetahuan masyarakat terhadap pengertian penyakit gastritis.

1.3.2.2     Mengidentifikasi pengetahuan masyarakat tentang penyebab terjadinya penyakit gastritis.

1.3.2.3     Mengidentifikasi pengetahuan masyarakat tentang tanda dan gejala penyakit gastritis.

1.3.2.4     Mengidentifikasi kemampuan masyarakat dalam menyebutkan prinsip-prinsip perawatan penyakit gastritis.

1.3.2.5     Mengidentifikasi kemampuan masyarakat dalam menyebutkan faktor – faktor apa saja yang menyebabkan penyakit gastritis.

1.3.2.6     Mengidentifikasi pengetahuan masyarakat terhadap obat – obatan/cara pencegahan terjadinya penyakit gastritis yang dapat di komsumsi b/d penyakit gastritis.

1.4.  Manfaat Penelitian

1.4.1.      Ilmiah

Dapat menjadi sumbangan pengembangan ilmiah, penelitian Ilmu pengetahuan khususnya pencegahan terjadinya sehingga diharapkan dapat menurunkan tingkat kejadian..

1.4.2.     Peneliti

Merupakan pengalaman bagi peneliti sebagai dasar untuk mengembangkan diri di masa yang akan datang dan mendapatkan informasi yang berharga tentang pengetahuan masyarakat tentang faktor-faktor pencetus kambuhnya penyakit gastritis di kelurahan Sempaja wilayah kerja puskesmas Sempaja.

1.4.3.   Praktis

Dapat meningkatkan kesadaran masyrakat untuk selalu berusaha mengembangkan pengetahuan tentang faktor – faktor pencetus kambuhnya penyakit gastritis untuk dirinya dan diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

DOWNLOAD CONTOH-CONTOH RISET KEPERAWATAN DI BAWAH INI

  1. Gambaran mengenai tingkat kecemasan yang dialami oleh orang tua yang anaknya mengalami   prosedur   invasive   yang   dirawat   di  ruang  Melati  RSU. A. Wahab Sjahranie Samarinda.
    Download DISINI
  2. Tingkat pengetahuan orang tua yang anaknya di rawat di Ruang  Melati Rumah Sakit Umum AWS. Samarinda untuk memberikan pertolongan pertama  pada kejang demam.
    Download DISINI
  3. Study tentang pengaruh bedrest total terhadap terjadinya dekubitus pada pasien neurologis di ruang Anggsoka Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda
    Download DISINI
  4. Study tentang faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi asupan nutrisi yang adekuat pada klien dengan gastritis di ruang Flamboyan RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda
    Download DISINI
  5. Sejauh manakah penerapan komunikasi terapeutik pada klien pre operasi di Ruang Cempaka Rumah Sakit Umum Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.
    Download DISINI
  6. Sejauhmana tingkat pengetahuan klien (Ibu Post Partum) terhadap prosedur perawatan payudara dan tujuan / manfaat dari tindakan perawatan payudara.
    Download DISINI
  7. Tingkat pengetahuan pasien untuk membantu proses penyembuhan penyakit TB paru.
    Download DISINI
  8. Studi Deskriftif Pengetahuan Keluarga Tentang Stroke di Ruang Angsoka Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda
    Download DISINI
  9. Pengetahuan ibu tentang pemberian immunisasi kepada balita / bayinya di ruang melati RSUD Abdul wahab Sjahranie Samarinda.
    Download DISINI
  10. Tingkat kebutuhan informasi yang dibutuhkan ibu tentang konsep dasar alat kontrasepsi
    Download DISINI

MASIH BANYAK LAGI CONTOH-CONTOHNYA…. BAGI YANG MAU, SILAHKAN HUBUNGI SAYA.. HEHEHE ^_^

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s